Wednesday, May 17, 2017

Remaja India Menciptakan Satelit Terkecil Dan Teringan Di Dunia

Posted by   on

Remaja India  Menciptakan Satelit Terkecil Dan Teringan Di Dunia

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) tak lama lagi akan meluncurkan satelit terkecil dan teringan buatan seorang remaja asal Chennai India yang bernama Rifath Sharook,remaja ini lah yang menciptakan satelit terkecil dan teringan di dunia.Remaja ini memang termasuk anak yang cerdas dan menjadikan dirinya termasuk ilmuwan termuda juga.Dan beberapa pekan ini banyak media2 barat yang menyiarkan berita tentang Remaja India  Menciptakan Satelit Terkecil Dan Teringan Di Dunia,berita ini menjadi banyak headline di beberapa media internasional.

Remaja India ini membuat satelit ini dengan berat hanya 64 gram dan bahan2 yang digunakan untuk satelit ini terbuat dari fiber carbon yang di buat dengan dimensi 3D,Fiber carbon memang banyak di pakai oleh indstri2 kedirgantaraan karena material fiber carbon di damping ringan juga sangat kuat dengan iklm apa pun.

Remaja India  Menciptakan Satelit Terkecil Dan Teringan Di Dunia


Remaja yang masih berumur sangat muda yaitu 18 tahun ini juga adalah seorang ketua ilmuwan di organisasi tentang keilmuan di India.
NASA tertarik dengan karya Rifath Sharook ini saat remaja ini mengikuti sebuah kompetisi cube in space yaitu sebuah kompetisi desain untuk kalangan imuwan2 dan penemu2 muda seluruh dunia,dan acara ini di selengarakan oleh perusahaan edukasi idoodle learning yang juga disitu NASA dan Colorado Space Grant Consortium ikut sebagai sponsor acara.

Kompetisi Cube in space ini adalah sebuah kompetisi yang menantang para peserta nya untuk membuat sebuah penemuan dan penciptakaan karya alat yang bisa masuk ke dlam kubus yang hanya berukuran tak lebih dari 4 meter dan berat nya tidak lebih dari 64 gram dan karya tersebut harus bisa di pakai dan di manfaat kan di luar angkasa.

Dan dari kompetisi tersebut karya Sharook lah yang bisa mengalahkan rival ilmuwan2 muda lain nya dan karya nya benar2 memenuhi standar yang di inginkan oleh pihak penyelenggara dan akhir nya Sharook jadi pemenang dan hasil karya Sharook ini di namakan KALAMSAT,pemeberian nama itu di ambil dari nama seorang ilmuwan nuklir dan presiden India APJ Abdul Kalam,dan dari kemenangan inilah yang membuat satelit hasil karya nya akan di luncurkan oleh NASA ke luar angkasa.
Ada pun satelit buatan Sharook itu akan di luncurkan ke luar angkasa oleh NASA pada tgl 21 Juni 2017 dari Wallops Flight Facility Di Virginia Amerika Serikat,dan harapan nya satelit mini tersebut bisa menyelesaikan misi yang di target kan oleh NASA.


Ini secuil tayangan pemberitaan media tentang hasil karya remaja india tersebut...:






Demikian lah sekilas info Remaja India  Menciptakan Satelit Terkecil Dan Teringan Di Dunia semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda.



Baca Juga......Aplikasi Join Kandidat Cara Online Untuk Mendapatkan Pekerjaan

No comments:
Write comments

Join Our Newsletter